Pengertian Usability
Kebergunaan (bahasa Inggris: usability) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat
atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu.
Kebergunaan juga dapat merujuk pada metode pengukuran kebergunaan dan
kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.dalam interaksi manusia komputer dan ilmu komputer, kebergunaan biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web. Istilah ini juga sering digunakan dalam konteks
produk elektronika konsumen, atau pada bidang komunikasi, serta objek alih pengetahuan (misalnya buku masak atau dokumen). Kebergunaan dapat pula merujuk pada desain efisien suatu objek
mekanis seperti suatu gagang pintu atau palu.
Manfaat kebergunaan/Usability
Secara umum, tujuan dari peningkatan kebergunaan adalah peningkatan pengalaman pengguna.
Dengan tingkat kebergunaan yang tinggi, dan pada gilirannya pengalaman pengguna yang baik, ada beberapa keuntungan potensial yang bisa diraih (Karat, 1994) Hal ini meliputi:
sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Kebergunaan
produk elektronika konsumen, atau pada bidang komunikasi, serta objek alih pengetahuan (misalnya buku masak atau dokumen). Kebergunaan dapat pula merujuk pada desain efisien suatu objek
mekanis seperti suatu gagang pintu atau palu.
Manfaat kebergunaan/Usability
Secara umum, tujuan dari peningkatan kebergunaan adalah peningkatan pengalaman pengguna.
Dengan tingkat kebergunaan yang tinggi, dan pada gilirannya pengalaman pengguna yang baik, ada beberapa keuntungan potensial yang bisa diraih (Karat, 1994) Hal ini meliputi:
- Meningkatnya efisiensi. Manakala perangkat lunak tidak memenuhi kriteria kebergunaan, pengguna akan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk memahami antar muka, sehingga membuat mereka menjadi kurang efisien dalam bekerja.
- Meningkatnya produktivitas. Tampilan antar muka yang usable membuat pengguna bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan mereka alih-alih pada perangkat yang mereka gunakan.
- Pelatihan yang lebih sedikit. Manakala sebuah sistem bisa bersesuaian dengan model pekerjaan yang dilakukan manusia, dan perhatian cukup telah diberikan terkait apa-apa yang perlu diingat, maka tidak diperlukan lagi pelatihan yang panjang. Oleh karenanya, waktu dan biaya bisa terkurangi.
- Berkurangnya dukungan produk. Produk yang usable menjadikan masalah yang dialami pengguna berkurang, dan karena-nya, dukungan terhadap produk juga bisa berkurang.
- Meningkatnya penerimaan. Ketika peng-guna menyukai sistemnya karena sifatnya yang usable, mereka akan lebih berkenan dalam menggunakannya.
- Mengurangi biaya pengembangan. Membuat perubahan sejak awal di daur hidup desain jauh lebih murah daripada membuatnya di akhir.
- Meningkatnya penjualan. kebergunaan dari sebuah sistem bisa menjadi sebuah daya saing unggulan bila dibandingkan dengan produk-produk lain.
sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Kebergunaan
0 comments:
Post a Comment